BMW Naik Level: Purna Jual Jadi Prioritas, Pelanggan Dimanjakan Habis-habisan!

BMW Naik Level: Purna Jual Jadi Prioritas, Pelanggan Dimanjakan Habis-habisan!

JAKARTA – Sudah menyalip pemasaran Mercedes Benz di area pangsa mobil mewah dalam Indonesia, BMW Indonesia ternyata justru tak berhenti berinovasi. Yakni, memverifikasi konsumen mendapatkan pengalaman premium di hal purnajual.

Terbaru, BMW Indonesia berkolaborasi dengan BMW Ultima meresmikan Body & Paint Training Center pertama pada Asia Tenggara. Mereka juga memperluas jaringan Body & Paint resmi pada 2025, juga merilis layanan BMW Remote Diagnosis (RITA).

Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW Group Indonesia juga akan memperluas jaringan Body and Paint Center dalam seluruh Indonesia. Dimulai dari BMW Ultima sebagai pusat perbaikan Body and Paint pertama lalu terbesar di dalam Indonesia, pada masa kini BMW hadir lebih besar dekat dengan pelanggan di area DKI Jakarta Timur (Pulo Gadung), Surabaya, dan juga Medan.

“Ini tidak sekadar bengkel—melainkan tempat di dalam mana kami menghidupkan kembali kendaraan BMW lalu MINI dengan ketelitian serta perhatian yang identik seperti pada waktu pertama kali dirakit,” kata Peter.

BMW Ultima: Pionir Layanan Purna Jual Premium

BMW Naik Level: Purna Jual Jadi Prioritas, Pelanggan Dimanjakan Habis-habisan!

BMW Ultima diresmikan pada Maret 2022 sebagai prasarana perbaikan kemudian pengecatan BMW kemudian MINI dengan standar tertinggi pada Indonesia. BMW Ultima menggunakan teknisi tersertifikasi, peralatan diagnostik terbaru, dan juga suku cadang asli BMW lalu MINI, dengan akreditasi secara langsung dari BMW AG, Munich.

Pada 2023, BMW Ultima memperluas layanannya sebagai BMW Classic Partner—yang pertama dalam Asia juga salah satu dari belaka 118 pada dunia. Status ini menegaskan komitmen BMW Ultima pada memberikan layanan restorasi serta servis premium untuk kendaraan klasik BMW, dengan penyelenggaraan BMW Original Parts.

BMW Ultima meluncurkan kegiatan BMW Assurance pada Juni 2024, bekerja serupa dengan mitra asuransi untuk memberi perbaikan dan juga pengecatan berkualitas tinggi bagi pelanggan BMW lalu MINI.

Selain BMW dan juga MINI, BMW Ultima juga melayani merek kendaraan premium lainnya. Lokasinya ada pada Jl. Ciater Raya No.28A, Serpong, Tangerang Selatan, BMW Ultima dapat menangani hingga 20 kendaraan sekaligus.

BMW Group Training Center

BMW Naik Level: Purna Jual Jadi Prioritas, Pelanggan Dimanjakan Habis-habisan!

Seiring dengan perluasan jaringan Body and Paint Center, BMW Group Indonesia juga menyiapkan tenaga kerja spesialis untuk mempertahankan standar tinggi BMW. Untuk itu, BMW Group Training Center pertama pada Asia Tenggara diresmikan, hasil kolaborasi dengan BMW Ultima.

“Pusat pelatihan ini menegaskan komitmen kami untuk mengembangkan sumber daya lokal kemudian menegaskan bahwa setiap teknisi yang digunakan menangani kendaraan BMW atau MINI sudah pernah menerima pelatihan berstandar internasional,” jelas Peter.

Rudy Kusmanto, Managing Director BMW Ultima, menambahkan bhawa BMW Ultima menjadi satu-satunya Approved Body & Paint Center di area Indonesia. “BMW Group Training Center juga pertama dalam Asia Tenggara dan juga berlokasi pada Indonesia,” ungkapnya.

“Pusat pelatihan ini berfokus pada pembelajaran secara langsung (hands-on), menggunakan peralatan serta perlengkapan yang dimaksud mirip seperti yang digunakan dalam pusat layanan resmi BMW,” kata Rudy.

BMW Remote Diagnosis Service (RITA): Teknisi BMW di tempat Ujung Jari

Mahalingam Maganderalingam, Director of Customer Support BMW Group Indonesia, menjelaskan kegiatan Ramadan BMW juga terobosan baru dalam bidang purna jual, yaitu BMW Remote Diagnosis Service (RITA).

RITA adalah layanan yang memungkinkan teknisi BMW terhubung segera ke kendaraan Anda dari jarak sangat untuk mengakses data diagnostik secara instan.

“Ketika lampu peringatan keras menyala atau terdengar pernyataan yang dimaksud tak biasa, RITA memungkinkan teknisi kami untuk terhubung dengan segera ke kendaraan Anda dari jarak sangat jauh serta mengakses data diagnostik secara instan—tanpa perlu kunjungan awal ke bengkel,” jelas Mahalingam.

Baca Juga: Joy of Ramadan Gathering with BMW: Relax, We Care

Kemampuan RITA:

– Membaca instruksi Check Control serta melakukan pemesanan suku cadang apabila diperlukan.
– Menemukan penyulut kesulitan pada kendaraan tanpa harus dibawa ke bengkel.
– Melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu dari jarak jauh.
– Memberikan panduan dengan segera apakah kendaraan aman untuk terus dikendarai.
– Menjadwalkan janji servis berdasarkan data aktualkendaraan.