Layanan Tukar Uang Pintar.bi.go.id Error, BI Minta Maaf

Layanan Tukar Uang Pintar.bi.go.id Error, BI Minta Maaf

JAKARTA – Layanan tukar uang Pandai Bank Indonesia dengan alamat Pintar.bi.go.id mengalami error pada Akhir Pekan (9/3/2025). Akibatnya, sejumlah netizen yang mana mengeluh sebab layanan yang dimaksud tidaklah mampu diakses.

Tidak sedikit dari mereka itu yang dimaksud telah mengisi nominal penukaran uang namun proses tidak ada berjalan dengan baik. Ada juga yang mana mengawaitu pada waktu lama namun prosesnya tak kunjung selesai.

“Ini udah ga sanggup kah pintar bi? Serasa dalam prank udah nyampe isi nominal pusing beneran kepala gue,” kata netizen dengan akun media sosial X @xiaociee_.

“Setengah jam ngeklik Pilih, pasca itu ngisi data diri klik Selanjutnya sampe sejam lebih tinggi gak jalan. Ujung-ujungnya kuota habis. Bener kan, pintar bi yang dimaksud gak pintar,” keluh netizen @bustypinggg.

“Web bi pintar cocok bersaing sm web bapuknya macima,” timpal netizen lainnya dengan akun @channns.

Untuk diketahui, layanan Cerdas Bank Indonesia memang benar berada dalam sejumlah digunakan rakyat untuk menukarkan uangnya mendekati perayaan Idul Fitri.

Layanan Cerdas Bank Indonesia sendiri sudah ada dibuka per hari ini sejak pukul 09.00 WIB. Penukaran uang dapat dilaksanakan pada periode 10-16 Maret 2025.

Sementara itu BI mengeluarkan pernyataan permintaan maaf terkait error-nya layanan Pandai Bank Indonesia. Direktur Eksekutif Departemen KomunikasiBI Ramdan Deny Prakoso mengatakan, ketika ini proses pemulihan layanan terus dilakukan.

“Mohon maaf berhadapan dengan ketidaknyamanannya dikarenakan gangguan di mengakses kemudian pengaplikasian aplikasi mobile layanan penukaran uang Rupiah (pintar.bi.go.id). Saat ini, kami berada dalam bekerja maksimal untuk mengatasi kendala ini, secara bertahap pemulihan sedang diadakan agar dapat kembali digunakan secara normal,” kata Ramdan sebagaimana dikutipkan dari keterangan resminya.

Ramdan mengatakan BI sangat mengapresiasi kesabaran juga pengertian warga selama proses pemulihan berlangsung. Bagi yang mana masih mengalami kendala, ia menyarankan agar menghubungi contact center Bank Indonesia BICARA 131. “Dalam hal masih mengalami kendala, silakan menghubungi contact center Bank Indonesia BICARA 131 melalui media sosial, email, atau Whatsapp,” jelasnya.