NEW YORK – Toyota telah lama mengungkapkan unit pengembangan untuk versi terbaru dari hot-hatch GR Corolla selama Kejuaraan Formula Drift di area Long Beach, California, Negeri Paman Sam akhir pekan lalu.
Menurut Toyota, unit yang digunakan masih dibalut stiker kamuflase itu mengisyaratkan bahwa model GR Corolla lain yang diproduksi khusus untuk rute balap akan segera muncul.
Meskipun belum ada rincian teknis yang diinformasikan oleh Toyota, berbagai perbaikan dapat dilihat pada eksterior model tersebut, yang digunakan diharapkan tambahan liar daripada GR Corolla biasa.
Di antara detail yang kentara adalah penambahan ventilasi udara di area bagian melawan spatbor depan, ventilasi udara di area tutup bagasi depan, dan juga juga spoiler belakang yang digunakan berjauhan lebih tinggi besar.
Mobil ini pada dasarnya masih berbasis pada GR Corolla facelift yang diperkenalkan tahun lalu, dengan bemper depan baru kemudian saluran masuk udara yang lebih besar besar.
Detail berbeda lainnya juga terlihat pada unit pengembangan ini termasuk set velg yang digunakan senada dengan model edisi terbatas Morizo Edition sebelumnya, yakni velg forged alloy berukuran 18 inci yang dimaksud lebih besar ringan dari BBS lalu dibalut ban jalur Michelin Pilot Sport Cup 2.
Toyota menyatakan bahwa rincian lebih banyak lanjut akan terungkap pada musim gugur, sementara mobil yang dimaksud ketika ini sedang di proses penyempurnaan sebelum uji coba terakhir dilaksanakan oleh ketua Toyota Akio Toyoda sendiri, atau dikenal sebagai ‘alter ego’ Morizo ketika balapan juga bertugas sebagai ‘pengemudi utama’ dari sayap balap Gazoo Racing.
Dengan petunjuk yang digunakan diberikan ini, ada kemungkinan bahwa ini adalah GR Corolla Morizo Edition lain yang diproduksi untuk versi facelift terbaru.
Pada model sebelumnya, GR Corolla Morizo Edition tampil lebih lanjut ringan 30 kg dengan pemanfaatan atap karbon tempa lalu jok belakang dilepas sepenuhnya.
GR Corolla Morizo sebelumnya juga mengusung rasio gigi yang mana lebih besar pendek dengan rasio gigi akhir diubah dari 4.058 menjadi 4.250.
Mesin G16E-GTS tiga silinder 1,6 liter turbocharged juga telah terjadi disetel ulang untuk memunculkan torsi 30 Nm lebih tinggi banyak menjadi 400 Nm, sementara tenaga masih pada 304 PS.
Meski demikian, hitungan tenaga yang dimaksud merupakan standar untuk GR Corolla facelift 2025. Jadi, mungkinkah GR Corolla Morizo Edition ini akan segera dibekali mesin yang digunakan lebih banyak bertenaga?